Apr
21
2021
Untitled Document

 
HOME
SIA
PMB
ALUMNI
BUKU TAMU
DIESNATALIS
 

Persiapan Audit Mutu Internal STMIK WiCiDa

2021-03-17 02:53:20

Samarinda, STMIK Widya Cipta Dharma – Unit Penjaminan Mutu (UPM) STMIK WiCiDa lakukan persiapan audit mutu internal yang direncanakan dilaksanakan secara online, mengingat kini masih dalam pandemi covid-19, Selasa (16/03/2021)

Seperti yang diketahui bersama pandemi COVID-19 telah mengubah ritme bahkan cara pengelolaan perguruan tinggi dalam melaksanakan penjaminan mutu, salah satu yang terdampak adalah pelaksanaan audit mutu internal (AMI) yang terpaksa harus ditunda, bahkan ada yang membatalkan tanpa batas waktu penundaan atau pembatalan.

Sejak pertengahan maret 2020 sudah banyak perguruan tinggi yang mulai melarang civitas akademika bekerja di kampus. Imbauan work from home dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menyebabkan auditee menjadi tidak tersedia untuk menjalani proses audit.

kegiatan audit mutu internal diperlukan untuk menjamin akuntabilitas, obyektifitas, dan independensi dari Evaluasi pelaksanaan Standar dalam SPMI, hal ini sesuai dengan amanat Permenristekdikti No.62 Tahun 2016 tentang SPMI Dikti yang mengatur bahwa Evaluasi Pelaksanaan Standar Dikti dilakukan melalui AMI.

Audit mutu internal (AMI) adalah kegiatan yang independen, obyektif, terencana secara sistemik dan berdasarkan serangkaian bukti. Oleh karena itu, meskipun di saat pandemi Covid-19 setiap perguruan tinggi, hendaknya tetap berkomitmen untuk melaksanakan tugas mandatory ini dalam jangka waktu sebagaimana yang diatur oleh Standar Operasional Prosedur AMI masing-masing Perguruan Tinggi dengan pemanfaatan teknologi, melakukan pengembangan berbagai metode audit baru, serta melakukan perubahan yang relevan dengan mengeksplorasi prosedur- prosedur audit alternatif.

STMIK WiCiDa mempersiapkan Sistem Informasi AMI yang merupakan salah satu solusi dalam pelaksanaan AMI dimasa pandemi covid-19. Aplikasi AMI ini berbasis Web yang telah diterapkembangkan oleh Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi STMIK WiCiDa. Kini aplikasi ini sedang dalam tahap penyempurnaan akhir, dan akan dirilis pada bulan Maret 2021.

(Humas)


Saran Dan Komentar Anda

 

Copyright © 2008
STMIK WICIDA
All Right Reserved
Untitled Document