
Ketua Prodi Bisnis Digital
Rizky Zakariyya Rasyad, SE., MM
Program Studi Bisnis Digital STMIK Widya Cipta Dharma fokus pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan perubahan proses kegiatan masyarakat, dunia usaha maupun pemerintahan dalam proses bisnis (Transformasi digital). Transformasi digital ini juga mencakup pada penggunaan teknologi seperti machine learning, big data, internet maupun metaverse untuk mencapai revolusi bisnis industri 4.0 dan society 5.0.
Visi, Misi dan Tujuan
VISI
“Menjadi Program Studi Cerdas, Teladan, dan Bermartabat Guna Menghasilkan Digital Marketer, Technopreneur, dan Fintech Specialist yang Berdaya Saing Bangsa Berbasis IMTAK dan IPTEK.”
MISI
1. Melaksanakan pendidikan bisnis digital yang berkualitas berbasis iman dan taqwa dalam rangka meningkatkan daya saing nasional.
2. Menciptakan program studi bisnis digital yang mendukung kegiatan tridharma bertaraf nasional.
3. Mewujudkan dan menerapkan program studi bisnis digital cerdas dan teladan dengan memanfaatkan teknologi terbaru berbasis IMTAK dan IPTEK.
4. Mengikuti berbagai lomba bidang akademik dan non akademik ditingkat lokal/regional/nasional/internasional.
5. Mengembangkan kualitas program studi bisnis digital dengan melaksanakan kerjasama dalam upaya merespon berbagai kebutuhan perubahan yang terjadi.
TUJUAN
1. Menghasilkan lulusan cerdas, sejahtera dan berdaya saing dalam bidang bisnis digital yang beriman, bertaqwa, menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS), profesional, jujur, visioner, disiplin, dapat bekerja sama, adil, peduli, kompeten, kreatif, inovatif, adaptif, bertanggung jawab, dan mandiri dalam rangka meningkatkan daya saing nasional.
2. Terwujudnya program studi bisnis digital yang menjalankan tridharma sebagai landasan penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan IPTEKS.
3. Terwujudnya program studi bisnis digital dengan pengelolaan terencana, terorganisir, produktif, efektif, efisien dan terpercaya serta mampu menjadi teladan dalam kehidupan masyarakat.
4. Terwujudnya sivitas akademika program studi bisnis digital yang berprestasi ditingkat lokal/regional/nasional/internasional.
5. Terjalin kerjasama dengan pihak lain dalam lingkup nasional dan internasional untuk mengembangkan tridharma dan merespon kebutuhan perubahan.
Bidang Peminatan Bisnis Digital
Digital Transformer
Mampu menciptakan proses teknologi untuk merubah proses bisnis yang belum terdigitalisasi maupun menciptakan proses bisnis baru yang terdigitalisasi
Digital Marketer
Mampu mengerjakan kampanye marketing, termasuk melakukan market research, menyusun strategi marketing, dan membuat konten untuk channel digital
Digital Business Analyst
Memiliki kemampuan untuk berpikir analitis dan menerapkan teknik-teknik analisis data dengan menggunakan perangkat lunak yang telah tersedia untuk menghasilkan wawasan bisnis
Technopreneur
Mampu berwirausaha dengan mengkombinasikan keterampilan berwirausaha dengan kemajuan teknologi
Business Consultant
Mampu mengidentifikasi permasalahan bisnis dan memberikan solusi atas masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya